Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Reset Akun Aplikasi BPJSTKu Untuk Mengatasi Lupa Email dan Password

Bagaimana cara mengatasi lupa email dan kata sandi akun BPJSTK? Sehingga tidak bisa log in ke aplikasi BPJSTKU maupun ke website BPJS Ketenagakerjaan Personal Service? Banyak teman-teman peserta BPJamsostek yang bertanya-tanya demikian. Soalnya ketika pengguna tidak ingat e-mail dan password akun BPJSTKU, otomatis jadi tidak bisa masuk dan menggunakan aplikasinya.

Padahal BPJSTKU Apk, atau yang dulunya disebut BPJSTK Mobile ini, sangat banyak manfaat dan fitur-fitur kerennya. Mulai dari cek saldo secara online, layanan kartu digital BPJS Ketenagakerjaan yang fungsinya sama persis dengan kartu fisik yang asli, mencari lokasi kantor-kantor cabang BPJS TK terdekat, informasi berbagai program, cek kartu BPJS Ketenagakerjaan masih aktif atau sudah nonaktif, dan banyak lagi informasi dan layanan bermanfaat yang bisa diakses oleh peserta di aplikasi tersebut.

Lupa Email dan Password Akun BPJSTKu

Intinya BPJSTKU Apk ini penting banget peranannya terutama bagi kamu yang statusnya masih peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan. Tapi kalau kamu lupa alamat email atau password-nya, pastinya kamu jadi tidak bisa menggunakan semua layanan tersebut.

Dan susahnya, apabila kamu sudah lupa nama email dan password untuk masuk ke akun BPJSTKU, kamu tidak bisa begitu saja bikin akun BPJSTKU yang baru dengan email yang lain. Mau dipaksa daftar akun baru juga, bakalan ditolak otomatis oleh sistem. Hal ini karena data-data kepersertaan dan kependudukan kamu sudah tersimpan di akun yang lamamu yang masih aktif. Soalnya satu nomor KPJ (Kartu Peserta Jamsostek) atau no kartu BPJS Ketenagakerjaan, dan nomor induk kependudukan (NIK), hanya bisa digunakan untuk satu akun BPJSTKU saja.


Lalu bagaimana cara membuat akun BPJSTKU yang baru, jika akun yang lama lupa email dan password-nya?

Caranya adalah, sebelum bikin akun baru, kamu wajib mereset akun BPJSTKU kamu yang lama terlebih dahulu. Setelah akun lawas kamu tersebut berhasil direset, atau kasarnya dihapus, baru deh kamu bisa membuat akun BPJSTKU yang baru. Tentunya dengan alamat email dan kata sandi yang baru pula.

Dan pertanyaan selanjutnya, bagaimana cara reset atau menonaktifkan akun lama BPJSTKU yang lupa password dan emailnya?

Cara reset atau hapus akun BPJSTKU yang sudah tidak bisa diakses lagi akibat lupa password dan email untuk log-in, ialah dengan menghubungi langsung pihak BPJS Ketenagakerjaan, yang sekarang telah berganti nama menjadi BP Jamsostek (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja). Laporkan keluhan kamu bahwa gak bisa masuk ke akun BPJSTKU akibat password dan alamat emailnya lupa. Pengen ganti email.

Nantinya, pihak BPJamsostek akan mereset akun BPJSTKU kamu tersebut. Lamanya proses reset akun sekitar 5 hari kerja, terhitung sejak laporan pengajuan reset kamu diterima. Nah, setelah akun lama kamu berhasil direset, kamu baru bisa bikin akun BPJSTKU baru dengan memakai nama email yang lain. Tenang saja, meski ganti akun, saldo JHT kamu gak akan berkurang sedikitpun. Tetap sesuai dengan jumlah yang telah terkumpulkan.

Pertanyaan selanjutnya lagi, bagaimana cara menghubungi BPJS Ketenagakerjaan untuk proses peresetan akun tersebut?

Caranya cukup mudah. Setidaknya ada tiga metode yang bisa kamu pilih mana yang menurut kamu paling gampang.


1. Telepon Call Center BPJamsostek


Pertama, hubungi dengan cara menelepon layanan pelanggan atau call center BPJS Ketenagakerjaan dengan nomor telepon (021) 175. Setelah tersambung dengan petugas yang biasanya sangat ramah itu, sampaikan keluhan kamu bahwa kamu gak bisa login akun BPJSTKU karena lupa email dan password, dan kamu ingin mengganti dengan email yang baru 

Nanti petugas call center BPJS Ketenagakerjaan akan menanyakan beberapa informasi data kamu, antara lain:

1. No KPJ (Kartu Peserta Jamsostek) atau nomor kartu BPJS Ketenagakerjaan.
2. Nama lengkap sesuai KTP.
3.Tempat, tanggal, bulan, serta tahun lahir.
4. Nama ibu kandung.
5. NIK (Nomor Induk Kependudukan).

Abis itu, kamu tinggal menunggu akun BPJS Ketenagakerjaan kamu direset. Estimasi waktu yang diperlukan untuk proses reset akun ini sekitar 5 hari kerja setelah dibuatkan laporan.


2. Halaman Facebook BPJS Ketenagakerjaan


Cara kedua kamu bisa menghubungi via Official Facebook Fanpage BPJS Ketenagakerjaan. Tentunya cara ini lebih mudah dan murah dibanding cara pertama lewat telepon. Karena menelepon, sudah pasti akan menguras pulsa apalagi kalau kamu menggunakan kartu GSM.

Lewat pesan FB, sampaikan keinginan kamu untuk ganti email akun BPJSTKU. Sama seperti kontak via call center, nanti admin FB BPJSTK juga akan meminta beberapa informasi data kepesertaan dan kependudukan kamu.

Data-data yang perlu kamu berikan lewat chat nantinya antara lain:

1. Nomor kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan atau Jamsostek.
2. Nama lengkap.
3.Tempat, tanggal, bulan, tahun kelahiran.
4. Nama lengkap ibu kandung.
5. Nomor Induk Kependudukan atau NIK.

Ingat, interaksi dengan admin FB BPJSTK sebaiknya kamu lakukan di pesan atau inbox. Jangan di kolom komentar atau di wall, takutnya data-data kamu diketahui orang lain terus disalahkangunakan.

Dan ingat juga, yang kamu hubungi adalah halaman Facebook BPJS TK yang resmi. Yang ada centang birunya. Kalau halaman BPJAMSOSTEK yang tidak resmi, takutnya kamu malah kena penipuan karena data-data yang kamu berikan disalahkan gunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.


3. Datang Langsung ke Kantor BPJS Ketenagakerjaan


Cara lain yang bisa kamu pilih untuk reset akun BPJSTKU adalah dengan datang langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan. Buat kamu yang rumahnya gak jauh dari kantor BPJS TK, bisa memilih cara ini sekalian jalan-jalan ataupun tebar pesona.

Nanti sesampainya di kantor BPJS TK, pas ditanya oleh petugas security di pintu kedatangan, bilang aja mau mengajukan pembuatan akun BPJSTKu yang baru. Akun yang lama lupa password dan emailnya.

Atau kalau tidak ada petugas jaga, langsung temui bagian informasi dan sampaikan maksud kedatangan kamu. Jangan lupa bawa kartu BPJS Ketenagakerjaan, KTP Elektronik dan KK, karena nantinya data-data di berkas tersebut akan digunakan untuk pelacakan akun kamu yang mau direset.

Estimasi waktu yang dibutuhkan untuk peresetan akun juga sama, 5 hari kerja sejak permintaan reset akun dilaporkan. Hari dan Minggu tentunya tidak masuk hitungan. Karena di hari weekend tersebut, pelayanan di kantor BP Jamsostek libur.



Seperti itulah prosedur reset akun BPJS Ketenagakerjaan yang lupa alamat email dan kata sandinya, sehingga tidak bisa dipakai masuk ke aplikasi BPJSTKU, maupun ke situs BPJSTKU Personal Service. Jika akun lama sudah berhasil direset, silahkan buat akun BPJSTKU yang baru.

Dan setelah memiliki akun BPJSTKu yang baru, tolong diingat baik-baik alamat email berikut password-nya. Dicatat di buku diary bila perlu. Soalnya kalau lupa, bakal repot harus menghubungi langsung BPJamsostek. Tidak bisa ganti email sendiri kayak akun sosial media.

29 komentar untuk "Cara Reset Akun Aplikasi BPJSTKu Untuk Mengatasi Lupa Email dan Password"

  1. No nik tidak terdaftar di kepersertaan pu

    BalasHapus
  2. no nik di pakai daftar orang lain

    BalasHapus
  3. Kenapa saya inbox di fb gak di balas balas min

    BalasHapus
  4. Contak centernya tidak bisa di hubungi

    BalasHapus
  5. Call center 15000910
    Sibuk terus

    BalasHapus
  6. Emang kacau lebih 20x tlp gak ada yg nyangkut...apa personal CS dikit, tolong perbaiki dong pelayanan nya,kita udh bayar tiap bulan tp pelayanan memble...

    BalasHapus
  7. Sy mau reset akun atau email dan ganti juga no hp nya soal nya susah lougin ke akun sy tolong dan mohon bantuan nya

    BalasHapus
  8. Soal nya no hp yg dulu lupa dan udah ilang sekarang mau pake no yg sekarang pake boleh kah untuk memperbaiki nya email akun sy kepada bpk/ibu yth terima kasih

    BalasHapus
  9. Soal nya no hp yg dulu lupa dan udah ilang sekarang mau pake no yg sekarang pake boleh kah untuk memperbaiki nya email akun sy kepada bpk/ibu yth terima kasih

    BalasHapus
  10. Hadeh🤔🤔🤔 Indonesia.....
    Kenapa tidak ada layanan online tentang lupa email...

    BalasHapus
  11. BPJS saya tidak terdaftar trus.
    Nih.....minta di riset donk email yg sudah terdaftar

    BalasHapus
  12. Sdh berulang ulang di tlp CS nya tpi ttap tdk bs tersambung... Alias sibuukk

    BalasHapus
  13. Knp sibuk trs call center nya gmn mau reset data kalo sibuk trs gini dah tlpn berkali kali tp teteo ngak bisa

    BalasHapus
  14. Call center gak bisa dihubungi, sibuk truuuuuuussssssss

    BalasHapus
  15. Bpjs sibuk terus,
    Pelayanany kurang memuaskan

    BalasHapus
  16. Apakah bisa datang langsung ke kantornya jika mau restart email lama ke baru

    BalasHapus
  17. Mau tlp call center mesti saldo bayak
    Lewat fb tidak pernah dijawab
    Pengen cepet harus bayar 100rb klo mau diriset..... Haduuuuh mesti kmn lgi???

    BalasHapus
  18. call centernya dari taun gak penak sampek saiki, gak iso dihubungi. sibuk terus, iku sibuk opo brooo? call center abal2

    BalasHapus
  19. Layanan pengaduan nya kurng memuaskan

    BalasHapus
  20. Pagi...saya mau reset akun di aplikasi bpjstku Krn sewaktu mendaftar di bpjstku ada yang salah, jadi pas saya coba login ulang tak bisa saya memakai akun bpjstku...terus saya coba Memakai email suami saya, tapi ternyata hanya bisa login utk no kartu bpjstk hanya 1 yang bisa di cek, sedangkan yang 2 no kartu bpjstku Ndak bisa..saya sdh coba utk call center tapi tetap aja Ndak nyambung..dan saya coba komunikasi di inbox FB bpjstk yang centang biru, tapi sampai sekarang punya juga di respon..dan saya pun sudah mencoba utk datang ke kantor bpjstk di kota saya, tetapi kata petugas yang di bpjstk tempat saya tinggal kata nya kalo Ndak wewenang utk meriset ulang akun di aplikasi bpjstku..pd hal saya mw mencairkan dana bpjstk saya..karena butuh dana nya..mohon petunjuk dan informasi bapak/ibu yang terhormat.terima kasih

    BalasHapus
  21. Info dong gimana cara nge-reset akun yg lupa email sama kata sandinya

    BalasHapus
  22. Diemail gak dibales di facebook inbox gak dibales bilangnya pelayanan memuaskan dariiii pamananyaaaaanaa???? Kerja apa tiduuur??

    BalasHapus