Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Syarat Pencairan JHT Jika Tidak Memiliki Paklaring

Bagaimana cara mencairkan saldo JHT Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan tanpa Paklaring? Barangkali ada teman-teman netizen peserta bpjs tk yang bertanya-tanya demikian. Soalnya belum semua diberikan paklaring ketika berhenti bekerja misalnya karena durasi kerjanya cuma beberapa bulan, sehingga perusahaan menganggap karyawan tersebut tidak layak diberi Paklaring. Ada mungkin yang cabut berhenti kerja begitu saja tanpa permisi tanpa menyodorkan surat pengunduran diri, dengan begitu jelas saja perusahaan nggak menerbitkan Paklaring buat karyawan yang nggak sopan seperti itu.

Efeknya baru terasa kemudian ketika mau mengurus pencairan simpanan uang Jaminan Hari Tua (JHT) yang ditabung saat masih bekerja. Pengajuan klaim JHT ditolak pihak kantor BPJS Ketenagakerjaan gara-gara kamu nggak bawa Paklaring. Sakit tapi nggak berdarah kan? Hehe.

Proses Pencairan JHT di kantor BPJS Ketenagakerjaan

Sebenarnya nggak harus Paklaring yang isinya berupa surat pengalaman kerja/surat referensi/surat rekomendasi dari perusahaan, sekedar surat pengantar atau surat keterangan sudah berhenti bekerja dari perusahaan sudah bisa digunakan untuk persyaratan mengambil dana JHT. Yang penting surat keterangan tersebut asli ada stempel dan tanda tangan HRD perusahaan.


Baca Juga: Cara Baru Mencairkan Uang JHT Secara Online Tahun 2020 Dengan Sistem LAPAK ASIK

Jika tanpa Paklaring atau surat keterangan dari perusahaan, saldo JHT Jamsostek akan sulit cair bahkan mungkin sama sekali tidak.bisa dicairkan. Karena merupakan salah satu syarat wajib, jika tidak punya paklaring atau pernah punya tapi kemudian bhilang, maka mau tidak mau kamu harus mendatangi mantan perusahaan tempat kamu bekerja dulu. Request dibuatkan Paklaring atau surat rekomendasi untuk klaim JHT.

Begitu krusialnya keberadaan paklaring di dalam proses penarikan uang JHT, sehingga seumpama berkas tersebut hilang, nggak bisa digantikan dengan surat keterangan hilang dari kepolisian. Musti menghubungi PT kembali untuk meminta dibuatkan ulang berkas paklaring.

Mengingat betapa sangat pentingnya surat keterangan telah berhenti dari perusahaan untuk klaim JHT ini, untuk kalian yang sekarang masih bekerja, jika suatu saat nanti ingin berhenti kerja (resign), jangan sampai lupa mengurus surat Paklaring, atau surat pengalaman kerja, atau surat rekomendasi, atau surat referensi. Dan kalau sudah punya, tolong dijaga baik-baik jangan sampai hilang ataupun rusak dimakan tikus! Soalnya nanti jadi repot harus kembali mendatangi perusahaan untuk mengurus paklaring. Iya kalau pihak perusahaan bersikap bersahabat, kalau dipersulit? Bisa tambah repot berkali lipat.

Masalah lainnya adalah bagaimana kalau perusahaan sudah nggak ada lagi alias sudah tutup? Sudah bangkrut misalnya. Bagaimana cara mengurus Paklaringnya?

Jika memang benar perusahaan sudah benar-benar tutup tidak beroperasi lagi, itu malah lebih mudah menurut admin. Karena kita nggak perlu lagi sibuk mengurus paklaring. Dana JHT Jamsostek tetap bisa dicairkan walau tanpa membawa paklaring. Sebagai penggantinya kamu hanya perlu membuat surat pernyataan di atas materai yang isinya menyatakan:

  • Kamu sebagai tenaga kerja sudah benar-benar berhenti bekerja.
  • Perusahaan sudah benar-benar tutup.
  • Belum mengajukan pencairan JHT.
  • Bila memungkinkan silakan menyertakan fotokopi ID Card/Kartu Karyawan sewaktu kamu masih bekerja di perusahaan yang telah tutup tersebut.

Surat pernyataan tersebut dibuat di kantor BPJS Ketenagakerjaan terdaftar, maksudnya kantor BPJS TK terdaftar adalah kantor yang dulu menerbitkan kartu kepesertaan kamu.

Sekali lagi harap diperhatikan, cara ini hanya berlaku jika perusahaan sudah benar-benar tutup. Sudah tidak aktif lagi. Jika perusahaan masih beroperasi, sampai saat ini belum ada cara lain selain meminta dibuatkan Paklaring lagi di perusahaan yang bersangkutan.

Dan kalau sudah membuat surat pernyataan di kantor BPJS TK, kamu dibolehkan mengambil uang (Jaminan Hari Tua JHT) walau tidak punya Paklaring. Tapi tentu saja harus memenuhi syarat dan ketentuan yang lainnya seperti belum bekerja lagi di perusahaan baru minimal satu bulan dan status kartu atau kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan sudah nonaktif.


Baca Juga: Contoh Surat Pernyataan Tidak Memiliki Paklaring Untuk Pencairan JHT BPJamsostek

Jangan lupa juga melengkapi berkas-berkas persyaratan yang lainnya seperti:
  1. Kartu peserta BPJS-TK (Jamsostek) asli beserta foto kopi.
  2. Foto kopi dan asli KK (Kartu Keluarga).
  3. Foto kopi rekening tabungan atas nama pribadi, tidak boleh buku tabungan atas nama orang lain meskipun itu keluarga sendiri.
  4. KTP elektronik asli beserta salinannya.
  5. NPWP jika saldo JHT kamu sudah di atas 50 juta!

Seperti itulah prosedur cara mencairkan saldo JHT bagi peserta yang tidak memiliki Paklaring tahun 2019, dengan catatan perusahaan sudah benar-benar tutup. Sudah tidak beroperasi lagi. Selama perusahaan masih ada, JHT nggak bisa cair jika tanpa Paklaring.


Baca Juga: Hal-hal Yang Membuat Klaim Dana JHT BPJS TK Kamu Gagal

Dan sebaiknya temen-temen jangan coba-coba mengakali pihak BPJS Ketenagakerjaan dengan membuat Paklaring palsu, dimana tanda tangan dan stempel perusahaan dipalsukan, karena kalau ketahuan kamu bisa berurusan dengan hukum. Kalau kamu suka baca berita, pasti tau dong dengan peristiwa penangkapan oknum yang mengurus klaim JHT menggunakan berkas-berkas palsu beberapa waktu lalu?

29 komentar untuk "Syarat Pencairan JHT Jika Tidak Memiliki Paklaring"

  1. Saya sudah 3 kali mendatangi, mantan PT saya tersebut,di karenakan pengalaman kerja saya hilang. Tp PT tidak bisa membantu kan paklaring lg,di karenakan data saya telah hilang, bagaimana solusinya untuk mencairkan Jamsostek,

    BalasHapus
  2. Bagaimana cara mendapatkan surat pengalaman kerja jika saya bekerja di batam dan saat ini tinggal di jawa tengah..dan saya sudah hampir 11 tahun tidak bekerja disana..mohon penjelasannya

    BalasHapus
  3. SayA juga gk punya paklaring masalahnya dulu belum habis kontrak d batam saya pulang,, ,apakah bisa mencairkan bpjs tanpa paklaring

    BalasHapus
  4. Sya sdh berkali2 DTG ke perusahaan tempat saya bekerja u/minta packlaring tpi tidak di kasih2 jga!!apa sya bisa mencairkan BPJS Jamsostek sya tanpa ada nya packlaring nya??mohon bantuan nya.trima kasih

    BalasHapus
  5. Kalau buku rek tabungan hilang. Apakah bisa untuk mencairkan bpjs atau solusinya bagaimana?

    BalasHapus
  6. JANGAN DI PERSULIT TOLONG,, ITU DANA KITA D POTONG TIAP BULAN,SEHARUSNYA DENGAN EKTP AJA UDA CUKUP

    BalasHapus
  7. Harusnya tanpa parklarin tidak d persulit untuk pencairannya..karna disitu ada uang kita berapa persen dari potong gaji..hasil keringat sndiri..dan ga semua perusahaan mau kasih surat parklarin..apalagi d perusahaan sy sudah bnyak yg mengundurkan diri mau secara baik" atau ngga sulit untuk dpt surat parklarin..dan sebgian karyawan yg mengundurkan diri karna tidak transparan dlm pembayaran gaji, dan yg paling parah perushaan tidak memberikan THR selama 3 tahun berturut"..klw gini untuk pencairan d persulit seperti ini..karyawan kapok untuk ikut jadi angota BPJS ketenagakerjaan,karna ga semua perusahaan punga itikad baik...padahal mau resign baik" atau ngga perusahaan wajib mengeluarkan surat parklarin

    BalasHapus
  8. Jgn di persulit Lah ktp ada kk ada gara2 paklaring ga cair...uang uang kita di potong tiap bulan...

    BalasHapus
  9. Bekerja semaksimal mungkin selama 3 tahun disalah satu sekolah dibatam, sudah mengajukan surat resign, 3 bln sblum resgn, nmun diminggu terakhir tidak bs masuk krj krn sakit,dan blum sempat mngambil surat balasan atau vklaring. Ketika hendak diminta lg,sekolah berdalih saya harus membyar pinalty,, pdhl sy sudah hbis kontrak,dan sudah mngajukn resign.hingga saat ini saya tdk bs mndapat vaklaring saya, dan sudah coba minta lewat emai jg tdk digubris,saya suruh adek saya untuk minta kesekolah jg tdk dikasih malah saya yg disuruh kesana lgsung ditengah pandemi kovid ini, dan kondisi hamil tua,posisi saya jauh dari batam, katanya saya harus mnyelesaikn pinalty, saya pun tidak mgrti apa mksudnya.

    BalasHapus
  10. Fix ini sih namanya ga bisa cair tanpa paklaring.

    BalasHapus
  11. HRD yang nga mau kasih paklaring ke karyawan itu juga harusnya paham bahwa, paklaring itu adalah hak karywaan yang sudah resmi mengundurkan diri.
    HRD Perusahaan harus bertangung jawab atas kerugian yang terjadi terhadap buruh....karena surat keterangan kerja itu Hak Normatif Karyawan.

    BalasHapus
  12. . Mau nnya ko saya mau login susah ya pke email trus pas udh masuk no KPJ saya tdk terdaftar peserta .. Itu jd nya gimana ya...

    BalasHapus
  13. Potongan tiap bulan dari gaji giliran minta paklaring sampe berbulan bulan kagak jadi, woy duit2 pekerja. Ya kali pake dipersulit segala. Nyesel daftar bpjs

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga kebingungan untuk mencairkan. Sudah punya paklaring harus minta paklaring lagi dari perusahaan lain ...

      Hapus
  14. ada teman saya dulu juga begitu dipersulit untuk pembuatan paklaring lalu dy menggunakan surat kuasa dari bpjs ketenagakerjan utk pembuatan paklaring dgn begitu hrdnya baru mau menemui dy dan membuatkan paklaring,,kl ada waktu luang sy akn mencontoh seperti teman saya itu,,kl disini ada yang sudah berhasil seperti teman saya tolong kabari saya yaa saudara"ku sekalian...wasalamualaikum

    BalasHapus
  15. ada teman saya dulu juga begitu dipersulit untuk pembuatan paklaring lalu dy menggunakan surat kuasa dari bpjs ketenagakerjan utk pembuatan paklaring dgn begitu hrdnya baru mau menemui dy dan membuatkan paklaring,,kl ada waktu luang sy akn mencontoh seperti teman saya itu,,kl disini ada yang sudah berhasil seperti teman saya tolong kabari saya yaa saudara"ku sekalian...wasalamualaikum

    BalasHapus
  16. saya mau nanya, apabila di e-ktp sudah pindah alamat .(e-ktp nya udh d perbaharui) jadi alamat yg sekarang udah tidak sama lagi dgn alamat e-ktp yg sebelum nya,yg di daftarkan ke bpjs ketenaga kerjaan, apakah akan bermasalah jika suatu saat JHT nya di cairkan,

    BalasHapus
  17. Saya mau buat paklring tp pt ny bangkrut udah nutup nah saya gimana nyairin ny, dulu id card di kembalikan karna ambil uang gantungan terakhir tp minta paklaring engga di kasih,, dan sekarang sudah 9 thn mau di cairin harus gimana mohon solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Urus ke depnaker ka .. klw perusahaan sudab gulung tikar nanti dpt surat dri sana
      Semoga membantu

      Hapus
  18. Mau minta paklaring dan srt pengantar cetak ulang kartu jamsostek tp gk di kasih sama perusahaaan,

    BalasHapus
  19. Parklaring perusahaan terakhir atau semua harus dilampirkan.krn perusahaan yg lama sudah tidak operasional.

    BalasHapus
  20. Jika tidak punya paklaring, lalu surat rekomendasi,, surat pengantar ataupun surat bahwa sudah benar benar berhenti bekerja, apa bisa menggunakan id card?
    Saya sudah minta paklaring dan lain sebagainya, namun pihak perusahaan no respon, mohon solusinya bagaimana cara mencairkan jht

    BalasHapus
  21. Ga ada paklaring(surat keterangan kerja) tapi ada surat PHK.. samakah..soalnya kena PHK

    BalasHapus
  22. Sangat luar biasa yg namanya perusahaan Bpjs
    Semoga mendapat azab di dunia dan kekal di jahanam Amin ya Rab

    BalasHapus
  23. Gara gara tdk ada packlaring di perusahaan pertama,,bpjs di perusahaan ke 2 jd tidak bs cair..hangus deh 5 juta

    BalasHapus
  24. Sangat menyusahkan masyarakat, kenapa perlu paklaring padahal itu uang kita juga? bila PT mempersulit mengeluarkan kembali surat paklaring akan meruginya masyarakat, peraturan bodoh macam apa ini.

    BalasHapus