Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek No KPJ dan Nomor Kartu BPJS Ketenagakerjaan Jika Kartunya Hilang Atau Belum Pernah Diberikan

Sebenarnya cara mengetahui letak nomer referensi Kartu BPJS TK, atau untuk yang versi lama yaitu Kartu Peserta Jamsostek (KPJ) sangat mudah dan gampang jika kamu memiliki kartunya. Pasalnya nomor tersebut terpampang nyata di permukaan kartunya.

Aktivitas mengecek nomer kartu BPJS Ketenagakerjaan atau sekarang disebut BP Jamsostek ini, pasti sesekali akan akan dilakukan oleh kita semua peserta BPJS TK. Karena beberapa urusan terkait kepersertaan, perlu memasukkan nomor KPJ. Tanpa memasukkan no KPJ, urusan kepersertaan dijamin tidak work alias gagal.

Misalnya ketika mau membuat akun BPJS Ketenagakerjaan di aplikasi BPJSTKU, kamu wajib submit nomor KPJ. Di saat registrasi antrian online, kamu juga perlu memasukkan no kartu BPJS Ketenagakerjaan. Untuk mencetak kartu digital BPJS Ketenagakerjaan dari BPJSTKU Apk juga dibutuhkan no KPJ pada saat registrasi akun. Kemudian ketika mau daftar layanan SMS 2757, juga diperlukan no kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan.

cara mengetahui letak nomer referensi Kartu BPJS TK

Dan yang paling penting, ketika mengisi formulir F5 untuk pengajuan klaim uang Jaminan Hari Tua (JHT), kamu juga wajib memasukkan nomor KPJ di dalam formulir isian. Serta berbagai keperluan administrasi lainnya yang berhubungan dengan BP Jamsostek. Intinya, sangat penting bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan untuk mengetahui berapa nomor referensinya Kartu BPJSTK-nya.


Perlu diingat, bahwa No KPJ, nomor kartu BPJS Ketenagakerjaan, no referensi BPJS Ketenagakerjaan, nomor peserta BPJS Ketenagakerjaan, nomor kartu BPJAMSOSTEK, nomer kepersertaan BPJSTK, itu maksudnya sama semua. Hanya sekedar berbeda penyebutan saja. Jadi teman-teman jangan bingung.

Memang ada sedikit perbedaan nomor referensi antara kartu Jamsostek dan kartu BPJS ketenagakerjaan. Hal ini karena, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, yang saat ini udah berganti nama lagi menjadi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja (BPJamsostek), dulunya bernama Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek).

Maka dari itu, untuk peserta lama sewaktu asuransi ketenagakerjaan milik pemerintah ini masih bernama Jamsostek, kartunya disebut KPJ.

Apa itu KPJ?

KPJ adalah kependekan dari Kartu Peserta Jamsostek. Mungkin biar gampang menyebutnya. Sedangkan untuk peserta-peserta yang sekarang, kartunya sudah berupa kartu BPJS Ketenagakerjaan dengan model dan logo yang baru, dengan dominasi warna hijau muda. Sementara kartu Jamsostek, warna hijaunya lebih tua.

Nomor referensi baik di KPJ maupun kartu BPJS Ketenagakerjaan sama-sama berisi 11 digit. Tetapi bedanya, jika di kartu Jamsostek model lama sebelas digit tersebut selain berisi angka-angka, terkadang terselip huruf. Seperti contoh pada gambar di bawah ini.

Foto Contoh Kartu Jamsostek Model Lama

Namun kartu Jamsostek versi lama tersebut, saat kamu mendaftar akun BPJSTKU, kamu otomatis akan mendapat kartu digital BPJS Ketenagakerjaan dengan model terbaru yang sekarang ini. Jadi, tampilan kartu digital kamu di aplikasi BPJSTKU tidak sama dengan kartu fisik atau kartu Jamsostek yang kamu miliki. Tapi meskipun tampilannya beda, fungsi dan manfaatnya tetap sama.

Sementara no referensi pada kartu BPJS Ketenagakerjaan versi terbaru, 11 digit isinya adalah angka semua. Foto atau gambar contoh kartu BPJS Ketenagakerjaan adalah seperti yang di bawah ini. Nomor referensi kartu BPJSTK berada di baris kedua dengan angka sebanyak 11 digit. Sementara angka-angka di atasnya yang berjumlah 12 digit itu, adalah nomor induk kependudukan (NIK).

Foto Nomor Kartu BPJS Ketenagakerjaan

Seperti itulah cara mengetahui no referensi yang terdapat di kartu Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan. Sangat mudah dan simpel, asalkan kamu masih memegang atau memiliki kartunya.

Dan sekarang, yang jadi persoalan adalah, bagaimana cara mengetahui atau cek nomor KPJ atau kartu BPJS Ketenagakerjaan jika kamu tidak memiliki kartunya? Entah karena hilang ataupun rusak. Atau memang dari awal belum pernah diberikan kartunya oleh pihak pemberi kerja (perusahaan/majikan). Bagaimana bisa tahu nomornya kalau begini kasusnya?

Cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui nomor kepersertaan BPJS TK kamu jika tidak memiliki kartunya bisa dengan menanyakan ke HRD perusahaan ataupun bos di tempat kamu bekerja. Karena bagaimanapun juga, perusahaan atau pemberi kerja lah yang berkewajiban mendaftarkan karyawannya ke BPJS Ketenagakerjaan. Setelah didaftarkan dan pihak pemberi kerja membayarkan iuran, secara resmi kamu sudah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan dan pasti memiliki nomor referensinya.

Tapi jika jawaban HRD atau majikan berbelit-belit gak jelas banyak alasan, mungkin kamu sebenarnya tidak di daftarkan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan oleh perusahaan. Mungkin.

Cara lainnya untuk tahu nomor KPJ jika kamu nggak memiliki kartunya adalah berkonsultasi langsung dengan pihak BPJS Ketenagakerjaan. Bisa dengan mendatangi langsung kantor cabang BPJS TK terdaftar. Kantor cabang BPJS TK terdaftar ini maksudnya adalah kantor yang menerbitkan Kartu BPJS Ketenagakerjaan kamu. Biasanya lokasinya berada di ibukota provinsi atau kabupaten wilayah perusahaan tempat kamu bekerja.

Selain ke kantor cabang, kamu juga bisa berkonsultasi langsung dengan menelepon call center BPJS Ketenagakerjaan dengan nomor telepon (021) 175. Bisa juga berkonsultasi lewat sosial-sosial media resmi BP Jamsostek. Karena di sana semua keluhan kamu akan diberikan jawaban, termasuk keluhan lupa nomor KPJ sementara kartunya kadung hilang.


Nomer referensi Kartu BPJS Ketenagakerjaan ini hanya ada peserta kategori PU (Penerima Upah), yaitu kamu statusnya bekerja pada pihak lain misalnya kerja di perusahaan, koperasi, lembaga, majikan, CV, PT dan lain sebagainya. Yang artinya, iuran bulanan BPJS Ketenagakerjaan kamu sebagian besar ditanggung pemberi kerja.

Sementara untuk peserta BPJS Ketenagakerjaan dari sektor BPU (Bukan Penerima Upah) alias peserta-peserta BPJSTK mandiri seperti pedagang, tukang ojek pengkolan, petani, nelayan, youtuber, penulis lepas dan lain sebagainya, yang iurannya ditanggung sendiri, tidak memiliki nomor referensi BPJS Ketenagakerjaan. Nomer yang tercantum di kartu BPJS TK untuk peserta-peserta BPU adalah Nomor Induk Kependudukan (NIK), seperti yang tercantum di e-KTP dan KK.

28 komentar untuk "Cara Cek No KPJ dan Nomor Kartu BPJS Ketenagakerjaan Jika Kartunya Hilang Atau Belum Pernah Diberikan"

  1. Gmna cranya lupa email bpjstku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba tlp cs bpjs nanti adukan apa keluhannya, saya juga begitu pernah, dan akhirnya di reset ulang.

      Hapus
    2. Gimana caranya bila no.kpj di pt.yg lama hilang dan pt.sdah tutup/tdk operasi lagi

      Hapus
  2. Cara mngetahui no kpj yg hilang bagaimna

    BalasHapus
  3. Bagaimana caranya cek no kpj lewat nik bisa tidak?? Gimana caranya?? Kartu bpjs ketenagakerjaannya hilang
    Tolong bantu..

    BalasHapus
  4. Nmr kpj sdh bener nik jg sdh bener,tpi saat daftar apk data tdk di temukn blasannya.mhn bntuannya

    BalasHapus
  5. Cara memgetahui no kpj.. Karena kartu hilang

    BalasHapus
  6. Bagaimanq cara mengecek kpj lewat nik ktp

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gimana caranya biar tahu no kpj yg hilang

      Hapus
  7. Gimana carax cek BPJSTK lupa no dan hilang dari Nik
    Mohon di bantu

    BalasHapus
  8. Bagaimana cara mengetahui nmr kpj sementara kartu hilang N lupa nmr..
    Mohon di bantu..

    BalasHapus
  9. Gimana cara email dan sandi lupa
    Cara reset akun nya gimana kk gak bisa buat baru atau pakai akun lain ?

    BalasHapus
  10. Gimna cara cek kartu kpj yg hilang

    BalasHapus
  11. Gmna cara mengetahui nomer kartu KPJ yang belom.di berikan oleh perusahaan

    BalasHapus
  12. Mohon infonya bagai mana cara mengetahui no kpj . Sedangkan kartunya hilang . Mau minta lagi ke perusahaan tapi perusahaan sudah bangkrut tidak beroprasi lagi
    ....mohon infonya....

    BalasHapus
  13. Bagimana cek nik jamsostek yg hilang

    BalasHapus
  14. bagaimana caranya lacak kpj karena kartu nya tidak ada

    BalasHapus
  15. gimna cara cek nomor BPJS ketenagakerjaan yg rusak....

    BalasHapus
  16. Bagaimana cara mengetahui nomor BPJS di karenakan kartu BPJS hilang. Atas nama ANGGI KUSUMA dusun andongsari kecamatan ambulu kabupaten jember rt001 rw006

    BalasHapus
  17. Bagaimana cek kpj sedangkan kartunya hilang dan perusahaanya yg memberi kartu jamsostek sudah tutup.mohon infonya

    BalasHapus
  18. Bagaimana cara melihat no bpjs dan kartu yg telah hilang thks

    BalasHapus
  19. Sya mintak no kpj bagai mana cara nya saya pernah masuk 4 prusahaan kartu bpjs yg 2 ada yg 2 nya lagi hilang, sya ngak bisa untuk mencair kan dana karna 2 kartu hilang, kantor yg sya pernah kerja jauh dan susah di jangkau mohon petunjuk

    BalasHapus
  20. Bagai mana cara mencairkan dana bpjs tapi kartu bpjs tidak ada kartunya tidak pernah di berikan ke pada saya oleh perusahaan tempat saya bekerja dulu.tolong di bantu.

    BalasHapus
  21. Saya mohon bantuan untuk mencairkan jht pada perusahaan yg lewat. Kartu tidak ada/hilang.
    Sedangkan perusahaan yg sdh saya jalani tutup/tidak operasi lagi.Tkasih

    BalasHapus
  22. bagai mana cara mengetahui kpj saya.

    BalasHapus
  23. bagai mana cara mengecek no kpj dengan nik ktp ,?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sama saya juga gitu gmn cara ngecek ny y

      Hapus
  24. Jika perusahaan blm memberikan no KPJ,,dan sudah email hr ,sudah di wathapp pula, tapi jawaban nya sedang di cari belum ketemu ketemu,,,mohon solusinya harus gimna

    BalasHapus