Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Cara Bayar Iuran BPJS Kesehatan Dari ATM BRI, Gampang Banget!

Tata cara membayar iuran bulanan BPJS Kesehatan melalui ATM Bank BRI. Metode ini bisa menjadi pilihan buat kamu peserta BPJS Kesehatan yang ingin menyetor iuran bulanannya. Karena aku yakin, sebagai bank yang memiliki kantor cabang dan unit ATM yang hingga ke desa-desa, banyak di antara kalian yang menjadi nasabah bank rakyat Indonesia (BRI) dan memiliki kartu debit atau kartu ATM-nya.

Nah bagi teman-teman nasabah Bank BRI, kalian bisa membayar iuran bulanan BPJS Kesehatan menggunakan kartu ATM (Automatic Teller Machine), dengan mendatangi unit atau mesin ATM terdekat di daerah kamu.

Cara Bayar Iuran BPJS Kesehatan Di ATM BRI

Untuk diketahui, menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang dikelola BPJS Kesehatan adalah wajib bagi seluruh warga negara Indonesia. Bahkan warga negara asing yang telah bekerja di Indonesia lebih dari enam bulan, juga wajib terdaftar menjadi peserta. Dan kamu yang telah terdaftar, wajib membayar iuran setiap bulan sesuai dengan kelas BPJS Kesehatan kamu.

Ada banyak cara untuk menyetorkan iuran bulanan tersebut. Bisa dibayar langsung ke kantor cabang BPJS Kesehatan di daerah kamu, kantor pos, bayar melalui teller bank dan ATM beberapa bank, lewat minimarket Indomaret dan Alfamart, dibayar sendiri secara online menggunakan aplikasi dompet digital kayak Link Aja, Dana, Gopay, OVO, lewat e-commerce seperti Tokopedia dan Bukalapak, dan bisa juga menggunakan aplikasi mobile JKN.

Dan berikut adalah langkah demi langkah cara membayar iuran BPJS Kesehatan dari ATM BRI

1. Masukan kartu ATM kamu ke Mesin ATM.

2. Pilih Bahasa kemudian ketik nomor PIN kamu.

3. Selanjutnya pilih “Transaksi Tunai”, atau “Paket Tunai” pada menu.

4. Lalu pilih “Transaksi Lainnya”.

5. Pilih “Pembayaran”.

6. Setelah itu akan muncul pilihan, pilih “Lainnya” sampai kamu jumpai menu BPJS. Kalau belum ada, maka pilih lagi “Lainnya”.

7. Pilih BPJS.

8. Pilih BPJS Kesehatan.

9. Masukan nomor virtual account kamu.

10. Muncul nama dan cek kesesuaian data.

11. Masukan jumlah nominal yang akan dibayar sesuai kelas kepersertaan kamu.

Harap diingat, pembayaran Iuran BPJS Kesehatan melalui ATM Bank BRI seperti ini, dibutuhkan kode tambahan yaitu 88888 yang kemudian ditambah dengan 11 digit angka nomor virtual akun dari belakang di kartu BPJS Kesehatan kamu. Setelah itu, kamu baru bisa membayar iuran peserta yang tertagih, sebelum tanggal 10 setiap bulannya. 



Seperti itulah prosedur pembayaran iuran bulanan BPJS Kesehatan lewat ATM BRI. Cukup mudah bukan?

Yuk cek tagihan iuran BPJS Kesehatan kamu dan segera dibayar tepat waktu. Jangan sampai nunggak. Dengan bayar iuran tepat waktu, berarti kamu telah mendukung program kesehatan nasional demi majunya bangsa Indonesia. Salam sehat.

Posting Komentar untuk "Begini Cara Bayar Iuran BPJS Kesehatan Dari ATM BRI, Gampang Banget!"