Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Bayar Iuran BPJS Kesehatan Lewat HP Dengan Aplikasi BRI Mobile dan SMS Banking

Cara membayar iuran bulanan BPJS Kesehatan secara online pakai handphone menggunakan aplikasi BRI Mobile dan juga SMS Banking ini, bisa menjadi alternatif bagi kamu yang ingin bayar iuran dengan mudah dan praktis. Pembayarannya bisa dilakukan dari rumah atau di manapun, yang penting memiliki smartphone, pulsa secukupnya dan merupakan nasabah Bank BRI yang telah menginstal BRI Mobile Apk di ponsel kamu.

Buat kamu yang belum tahu, aplikasi BRI Mobile adalah sebuah aplikasi yang dipasang di smartphone atau ponsel pintar, yang di dalamnya terdapat beberapa layanan e-Banking bank BRI. Menu-menu layanan yang disediakan BRI Mobile ini cukup lengkap untuk berbagai keperluan perbankan kamu. Seperti Info BRI, Contact BRI, e-registration BRI, Mobile Banking BRI, Internet Banking BRI, My QR, t-Bank BRI, dan BRIZZI.

Bayar BPJS Kesehatan Lewat Aplikasi BRI Mobile Banking

Layanan-layanan di setiap menunya juga cukup lengkap. Misalnya di menu Mobile Banking BRI, kamu bisa mendapatkan info mutasi, info saldo, info points, transfer dana baik ke sesama BRI maupun bank lain, isi ulang pulsa telepon, pulsa listrik, saldo LinkAja, Go-Pay, pembayaran tiket, penggadaian, TV berbayar, beberapa asuransi, BRIVA, dan banyak lagi! Dan tentunya salah satu diantaranya adalah layanan pembayaran iuran asuransi BPJS Kesehatan.

Namun untuk bisa menggunakaan fitur-fitur menarik di aplikasi BRI Mobile, termasuk fitur pembayaran iuran BPJS Kesehatan, kamu harus memenuhi prosedur, syarat-syarat dan ketentuannya. Bukan berarti kamu walau sebagai nasabah BRI, setelah mengunduh aplikasi BRI Mobile di Google Play store, bisa langsung menggunakannya. Kamu harus bikin ATM dan juga aktivasi dulu di kantor cabang maupun di unit kerja Bank BRI.

Berikut syarat-syarat dan ketentuan untuk bisa menggunakan aplikasi BRI Mobile selengkapnya:

1. Kamu merupakan nasabah bank BRI dan tentunya memiliki rekening simpanan atau memiliki tabungan di BRI. Jenisnya bebas, bisa Tabungan BRI Britama, Tabungan BRI Junior, Tabungan Giro BRI, Tabungan BRI Simpedes, dan jenis-jenis tabungan bank BRI yang lainnya.

2. Kamu harus memiliki kartu ATM BRI yang masih aktif.

3. Wajib registrasi mobile banking dan internet banking melalui ATM dan Unit Kerja BRI. Supaya tidak bingung dan proses registrasi lebih mudah, sebaiknya kamu registrasi di kantor cabang BRI terdekat, supaya diarahkan oleh petugas bank sampai proses aktivasi BRI Mobile selesai dan bisa digunakan.

Nah setelah aplikasi BRI Mobile kamu aktif, kamu sudah menggunakannya untuk berbagai transaksi keuangan. Salah satunya sebagai sarana untuk pembayaran iuran BPJS Kesehatan ini. Dan terdapat dua cara membayar tagihan BPJS Kesehatan lewat aplikasi Brimo atau BRI Mobile ini. Pertama bayar menggunakan fitur BRIVA atau BRI Virtual Akun, dan yang kedua bayar langsung dengan klik menu BPJS Kesehatan. Nggak usah bingung pilih metode yang mana, karena dua-duanya sama mudahnya.

Berikut langkah-langkah membayar iuran BPJS Kesehatan di aplikasi BRI Mobile lewat fitur BRIVA:

  1. Buka aplikasi BRI Mobile yang telah diaktivasi.
  2. Selanjutnya pilih menu Mobile Banking BRI.
  3. Pilih Pembayaran.
  4. Pilih BRIVA 
  5. Masukkan nomor BRIVA. Nomor BRIVA ini terdiri dari 16 digit, yaitu kode 88888 + 11 digit nomor terakhir kartu BPJS Kesehatan untuk iuran yang tidak terlambat. Atau kode 88881 + 11 digit nomor terakhir kartu BPJS bagi peserta yang mengalami keterlambatan pembayaran.
  6. Di kolom bawahnya setelah kolom BRIVA di atas, masukkan jumlah tagihan iuran BPJS Kesehatan kamu, lalu klik OK.
  7. Masukkan nomor PIN aplikasi BRI MOBILE kamu, dan pilih Send.
  8. Setelah itu kamu akan menerima SMS dari Layanan Mobile Banking BRI dengan nomor 3300. Kamu bisa cek dulu informasi pembayaran yang tertera di SMS, jika sudah benar silahkan balas dengan YA, diikuti mengetikkan angka-angka diperintahkan di dalam SMS tersebut.
  9. Terakhir, kamu akan mendapat notifikasi yang menyatakan bahwa transaksi pembayaran iuran BPJS telah berhasil dilakukan. Baik lewat SMS, maupun lewat email jika rekening tabungan kamu yang ada di bank BRI dikaitkan dengan email.

Selanjutnya cara bayar tagihan BPJS Kesehatan di aplikasi BRI Mobile langsung pada menu BPJS Kesehatan.

  1. Buka aplikasi BRI Mobile di smartphone kamu.
  2. Klik menu Mobile Banking BRI.
  3. Pilih Pembayaran.
  4. Klik menu Asuransi.
  5. Di sana terdapat tiga asuransi, yaitu Prudential, BRI Life dan BPJS Kesehatan. Pilih yang terakhir yaitu BPJS Kesehatan.
  6. Selanjutnya sama seperti menggunakan BRIVA, masukkan nomor tagihan atau kode iuran yang berupa 16 digit angka, yaitu kode 88888 ditambah 11 digit nomor terakhir kartu BPJS Kesehatan untuk iuran yang tidak terlambat. Atau kode 88881 plus 11 digit nomor terakhir kartu BPJS bagi peserta yang mengalami keterlambatan pembayaran. Selanjutnya klik OK.
  7. Masukkan nomor PIN aplikasi BRI MOBILE kamu, dan pilih Send.
  8. Setelah itu kamu akan menerima SMS konfirmasi dari Layanan Mobile Banking BRI dengan nomor 3300. Kamu akan disuruh membalas SMS tersebut dengan format YA dan memasukkan angka yang diterima di dalam SMS tersebut.
  9. Terakhir, kamu akan menerima pemberitahuan yang menyatakan bahwa transaksi pembayaran iuran BPJS telah berhasil dilakukan. Baik lewat SMS, maupun lewat email jika rekening tabungan di bank BRI dikaitkan dengan email pribadi kamu.

Demikianlah tata cara membayar tagihan iuran BPJS Kesehatan menggunakan aplikasi BRI Mobile yang sekaligus lewat SMS Banking. Karena walaupun pembayaran via aplikasi, tapi nantinya untuk konfirmasi pembayaran tetap lewat SMS dan akan dikenakan biaya pulsa per transaksi sebesar Rp 250, serta tarif Rp 500 ketika ada SMS notifikasi masuk ke HP dari Bank BRI.


Semoga informasi bermanfaat bagi kamu peserta Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN KIS) yang dikelola oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, yang ingin melakukan pembayaran iuran dengan cara mudah lewat internet alias online.

Posting Komentar untuk "Cara Bayar Iuran BPJS Kesehatan Lewat HP Dengan Aplikasi BRI Mobile dan SMS Banking"