Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Terbaru Membuat Akun BPJS Ketenagakerjaan di Aplikasi BPJSTKu

Buat yang belum tahu bagaimana cara mendaftar akun BPJS Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) di aplikasi BPJSTKu, kali ini aku akan sharing tutorial lengkapnya. Karena aplikasi ini sangat berguna banget dan banyak manfaatnya terutama bagi peserta BPJS TK aktif. Peserta BPJS TK aktif adalah peserta yang statusnya masih karyawan perusahaan, sehingga masih rutin membayar iuran tiap bulan. Di mana iuran tersebut dibayar secara bergotong royong antara pihak perusahaan dan tenaga kerja.

Kenapa aplikasi BPJSTKu ini sangat penting buat peserta BPJS Ketenagakerjaan aktif? Karena manfaatnya banyak banget guys! Udah gitu banyak fitur-fitur menariknya, serta mudah dioperasikan. Jadi rugi besar kalau kamu peserta aktif tapi tidak memanfaatkan aplikasi ini.

Berikut beberapa manfaat dan gunanya aplikasi BPJSTKu:

  • Untuk cek saldo tabungan JHT secara online alias lewat internet.
  • Bisa buat cek kartu BPJS TK kamu masih aktif atau sudah non aktif. Ini penting, karena salah syarat kriteria untuk bisa klaim tabungan JHT adalah kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan kamu harus sudah tidak aktif.
  • Terdapat kartu Digital BPJS Ketenagakerjaan, yang fungsinya sama dengan kartu asli, sehingga bisa menjadi pengganti seandainya KPJ kamu yang asli hilang atau rusak.
  • Mengetahui alamat Kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan terdekat, dilengkapi dengan peta dari Google map sehingga mempermudah pencarian lokasi.
  • Informasi seluruh program BPJS Ketenagakerjaan. Mulai dari JHT (Jaminan Hari Tua), JKK (Jaminan Kecelakaan Kerja), JKM (Jaminan Kematian), dan JP (Jaminan Pensiun).
  • Terdapat menu untuk registrasi antrian online, buat kamu yang ingin mencairkan dana JHT di kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan.
  • Ada berbagai informasi dan berita-berita terbaru seputar BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) ketenagakerjaan dari seluruh Indonesia. 
  • Dan berbagai manfaat lainnya yang nanti bisa kamu coba dan rasakan sendiri setelah kamu menggunakan BPJSTKU apk ini.
Membuat Akun Aplikasi BPJSTKu BPJamsostek


Dan sekarang lanjut ke cara membuat akun BPJS Ketenagakerjaan lewat aplikasi BPJSTKU. Aslinya, bikin akun BPJS Ketenagakerjaan atau yang sering disebut BPJamsostek (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja) gak musti lewat BPJSTKU Apk. Bisa juga di website sso.bpjsketenagakerjaan.go.id dengan layanan BPJSTKU personal services.

Tapi kan sekarang hampir semua orang memiliki gadget smartphone yang bisa diisi berbagai macam aplikasi, termasuk aplikasi BPJSTKu ini. Jadi untuk saat ini, aku bagikan panduan pendaftaran via aplikasi. Untuk pendaftaran via website aku bahas di artikel berikutnya. Dan sebenarnya cara pendaftarannya tidak jauh berbeda baik lewat aplikasi maupun website.

Sebelum memulai membuat akun BPJS TK, sebaiknya persiapkan dulu beberapa berkasnya. Biar nanti tidak sibuk lagi mencari-cari ketika mengisi data diri di formulir. Hal-hal yang perlu kamu siapkan:

  • KTP elektronik atau e-KTP.
  • Kartu BPJS Ketenagakerjaan.
  • Email aktif.
  • Nomor handphone aktif.
  • Smartphone dengan data internet secukupnya.

Dan berikut tahap demi tahap membuat akun BPJS Ketenagakerjaan via aplikasi BPJSTK Mobile atau sekarang disebut aplikasi BPJSTKU.

1. Instal aplikasi BPJSTKU dari Google Playstore bagi kamu pengguna Android. Atau App Store bagi kamu yang pakai iPhone/iOs. Ukurannya aplikasi BPJS TK Mobile ini 18 MB.

2. Setelah aplikasi BPJSTKU terinstal di smartphone kamu, buka aplikasinya.

3. Klik PENDAFTARAN PENGGUNA BPJSTKU, yang bergambar warna hijau dan ada tulisan angka 4.

4. Boleh juga dengan langsung Klik LOGIN, lalu pilih Buat Akun Baru.

5. Kemudian submit alamat Email kamu dan klik SELANJUTNYA.

6. Periksa kotak e-mail. Ada email dari BPJS Ketenagakerjaan berisi kode verifikasi angka enam digit.

7. Kembali ke aplikasi, dan masukkan kode verifikasi dari email tersebut. Kemudian klik VERIFIKASI.

8. Pada halaman Pilih Kepesertaan, karena status kamu karyawan perusahaan, pilih PU (Penerima Upah).

9. Tulis nama lengkap sesuai KTP, dan klik SELANJUTNYA.

10. Masukkan tanggal bulan dan tahun lahir sesuai e-ktp, lalu klik SELANJUTNYA.

11. Masukkam NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang tertera di KTP. Kemudian klik SELANJUTNYA.

12. Masukkan nomor Kartu Peserta Jamsostek (KPJ) atau BPJS TK. Lalu tekan SELANJUTNYA.

13. Masukkan nomer HP kamu. Lalu klik SELANJUTNYA.

14. Cek SMS masuk kiriman dari BPJS Ketenagakerjaan berisi sebuah kode verifikasi.

15. Balik lagi ke aplikasi dan masukkan kode verifikasi yang dikirim via SMS tadi. Klik VERIFIKASI.

16. Buat kata sandi atau password minimal 8 karakter. Password ini dan juga emailnya harus kamu ingat baik-baik kalau perlu dicatat tempat lain. Karena kalau sampai lupa, apalagi kamu juga gak bisa mengakses email yang digunakan untuk pendaftaran, kamu repot tidak bisa lagi memanfaatkan aplikasi BPJSTKu. Mau login gak bisa, mau buat akun baru juga nggak langsung bisa. Musti reset akun lama terlebih dulu. Sementara yang bisa mereset akun adalah pihak BPJamsostek langsung.

17. Selesai! Sampai di sini berarti kamu sudah berhasil dan resmi memiliki akun pribadi di BPJS Ketenagakerjaan, yang bisa digunakan untuk login ke aplikasi BPJSTKu dan juga masuk ke layanan personal services di website BPJS Ketenagakerjaan, untuk memanfaatkan semua fitur-fitur menarik yang disediakan.

Prosedur membuat akun BPJS Ketenagakerjaan di aplikasi BPJSTKU memang tergolong sangat mudah dan gak butuh waktu lama. Namun jika proses pendaftaran akun BPJSTK gagal, dengan notifikasi bahwa data kamu sudah terdaftar, itu berarti kamu udah pernah membuat akun, tetapi sudah tidak bisa mengakses e-mail yang digunakan untuk pendaftaran, sehingga tidak bisa digunain untuk pemulihan kata sandi.

Solusi untuk mengatasi masalah tidak berhasil daftar akun BPJS Ketenagakerjaan akibat NIK sudah terdaftar, kamu bisa menghubungi Official Facebook Fanpage BPJS Ketenagakerjaan atau call center-nya di nomor (021) 175, untuk meminta penghapusan atau reset akun lama kamu. Kalau akun lamamu sudah berhasil direset, kamu baru bisa bikin akun BPJSTK lagi. Lamanya proses reset akun ini adalah minimal lima hari kerja.



Seperti itulah langkah-langkah membuat akun BPJS Ketenagakerjaan atau BP Jamsostek di aplikasi BPJSTKU versi terbaru tahun 2021. Terima kasih sudah membaca. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat BPJSiana yang tengah membutuhkan informasi tentang bagaimana cara bikin akun BPJSTKu, yang merupakan solusi digital perlindungan pekerja.

Posting Komentar untuk "Cara Terbaru Membuat Akun BPJS Ketenagakerjaan di Aplikasi BPJSTKu "