Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Kantor BPJS Kesehatan di Kalimantan Utara Lengkap Dengan Alamatnya

Inilah daftar alamat seluruh kantor cabang (KC) dan Kantor Layanan Operasional Kabupaten (KLOK) BPJS Kesehatan yang ada di seluruh wilayah provinsi Kalimantan Utara. Seluruhnya dari mulai alamat kantor cabang BPJS Kesehatan kota Tarakan, kabupaten Nunukan, Bulungan, Malinau hingga Tana Tidung. Tidak terlalu banyak mengingat Kalut bisa dibilang provinsi kecil yang hanya memiliki beberapa kabupaten saja.

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan secara resmi dibentuk pada tahun 2014 lalu dan memiliki fungsi sebagai penjamin kesehatan bagi semua rakyat di Indonesia tanpa terkecuali. Hal tersebut sesuai dengan Undang-Undang No 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), bahwa semua penduduk Indonesia wajib menjadi peserta program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola BPJS Kesehatan.

Semua warga, baik yang memiliki strata ekonomi rendah atau pun tinggi dijamin kesehatannya oleh pemerintah sesuai amanat UUD 1945. Penduduk yang kurang mampu juga tetap wajib ikut BPJS Kesehatan dan membayar iuran bulanannya. Akan tetapi khusus untuk masyarakat miskin dan kurang mampu, iurannya akan ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah. Peserta BPJS Kesehatan dari kalangan ini disebut PBI (Penerima Bantuan Iuran).

Kantor Cabang BPJS Kesehatan kota Tarakan

Intinya semua Warga Negara Indonesia (WNI) harus terdaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan. Bahkan warga negara asing, yang telah bekerja di Indonesia lebih dari 6 bulan, juga diikutsertakan di BPJS Kesehatan oleh perusahaan tempatnya bekerja. Seseorang baru boleh tidak menjadi anggota BPJS Kesehatan hanya ketika sudah meninggal dunia atau pindah kewarganegaraan. Selain itu wajib daftar BPJS kesehatan!

Bahkan di pertengahan tahun 2018 lalu, sempat ada aturan bagi masyarakat yang di tahun 2019 ini belum menjadi peserta BPJS Kesehatan, akan dikenakan sanksi administratif berupa tidak mendapatkan pelayanan publik tertentu oleh pemerintah, pemerintah daerah provinsi, kabupaten/kota, dalam hal mengurus IMB (Izin Mendirikan Bangunan), SIM (Surat Izin Mengemudi), Sertifikat Tanah, Passport dan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan). Namun sepertinya peraturan tersebut belum jadi diberlakukan.

Untuk informasi lebih detail terkait program JKN -KIS (Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat), mulai pendaftaran menjadi peserta, pindah kelas, info jumlah iuran, fasilitas, dan hal-hal penting lainya, sobat bisa mengunjungi kantor cabang terdekat di daerah sobat. Nah untuk provinsi Kalimantan Utara, berikut daftar kantor BPJS Kesehatan beserta alamat-alamatnya.


KC TARAKAN
Jl. Diponegoro No. 06 Tarakan Kalimantan Utara. Telepon (0551) 51047 (0551) 34227.


KLOK Bulungan
Jl. Skip 1 Tanjung Selor Bulungan Kalimantan Utara. Bo telepon (0552) 22295 (0552) 22295.


KLOK Nunukan
Komp Ruko Liem Hie Djung Blok A1 No 12 Jl. Inhutani RT 01, Tanah Merah Nunukan, Kalimantan Utara.


KLOK Malinau
Jl. Amd RT 20. Malinau Kalimantan Utara (0553) 202243.


KLOK Tana Tidung
Jl. Ahmad Yani (samping padepokan kuda lumping), Kelurahan Tideng Pale, Kecamatan Sesayap, Kabupaten Tana Tidung, kode pos 77152.


Itulah tadi daftar kantor-kantor cabang BPJS Kesehatan yang ada di provinsi Kalimantan Utara. Kantor-kantor cabang di Kalut tersebut berada di regional VIII BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah Kalimantan Timur. Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Utara, dengan kantor utamanya di Jl. Ruhui Rahayu No. 08 RT. 25 Kelurahan Sepinggan Baru Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, telp (0542) 7218682 faks (0542) 7218683.

Jika sobat BPJSiana ingin datang di salah satu kantor di atas, silahkan datang pada jam kerja kantor BPJS Kesehatan, yaitu dari hari Senin sampai dengan hari Jumat, mulai jam 08.00 pagi sampai dengan pukul 05.00 sore.

Posting Komentar untuk "Daftar Kantor BPJS Kesehatan di Kalimantan Utara Lengkap Dengan Alamatnya"