Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Alamat Kantor BPJS Kesehatan di Sulawesi Utara

Inilah alamat kantor cabang (KC) dan Kantor Layanan Operasional Kabupaten (KLOK) BPJS Kesehatan di seluruh wilayah provinsi Sulawesi Utara mulai dari alamat kantor cabang BPJS Kesehatan kota Manado, kabupaten Bitung, Minahasa Utara, Sitaro, Talaud, Sangihe, Tondano, Tomohon, Kotamobagu, Bolaangmongondow hingga kabupaten Minahasa Selatan.

Untuk sobat BPJSiana semua ketahui, bahwa per 1 Januari 2014, seiring sistem jaminan sosial terbaru atau JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) resmi diberlakukan oleh pemerintah, maka asuransi kesehatan milik pemerintah yang dikenal dengan nama Askes, telah berganti nama menjadi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

No antrian kantor BPJS Kesehatan Manado

Badan hukum ini dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan kesehatan kepada seluruh penduduk Indonesia, maka dari itu setiap warga masyarakat wajib menjadi anggota BPJS Kesehatan tanpa terkecuali. Manfaat yang bisa anggota dapatkan dari Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan meliputi pelayanan kesehatan tingkat pertama, pelayanan kesehatan rujukan tingkat lanjutan, hingga rawat inap.

BPJS Kesehatan menganut prinsip gotong royong, di mana peserta yang sehat membantu peserta yang sakit. Nah supaya prinsip gotong royong tersebut berjalan lancar, semua masyarakat Indonesia diwajibkan menjadi peserta BPJS Kesehatan dan rutin membayar iuran bulanannya, sehingga diharapkan jumlah peserta yang sehat jauh lebih banyak dari peserta yang sakit.

BPJS Kesehatan dalam penyelenggaraannya melibatkan partisipasi semua pihak, mulai dari masyarakat, pemerintah, masyarakat, fasilitas kesehatan (faskes), tenaga medis, badan usaha atau perusahaan, dan stakeholders yang lain-lainnya.

Dalam Pasal 1 UU No. 40 Tahun 2004 dijelaskan bahwa peserta jaminan sosial adalah setiap orang tanpa terkecuali, termasuk karyawan pekerja perusahaan, termasuk juga orang asing yang bekerja paling singkat 6 bulan di Indonesia. Meskipun sudah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, setiap karyawan tetap wajib untuk ikut BPJS Kesehatan dan membayar iurannya setiap bulan.

Namun tidak perlu khawatir, karena untuk karyawan kepesertaan BPJS Kesehatan menjadi tanggung jawab perusahaan. Perusahaan yang mendaftarkan dan juga menanggung sebagian besar iuran bulanannya. Jika tidak, maka pihak perusahaan akan mendapat sanksi berupa teguran tertulis, denda, dan juga tidak akan mendapat pelayanan publik tertentu seperti:
  • Perizinan terkait usaha
  • Izin yang diperlukan dalam mengikuti tender proyek.
  • Izin memperkerjakan tenaga kerja asing.
  • Izin perusahaan penyedia jasa pekerja/buruh.
  • Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Nah, jika perusahaan tempat sobat bekerja tidak mendaftarkan karyawannya ke BPJS Kesehatan, sobat bisa melapor ke kantor cabang terdekat di daerah anda agar diberikan sanksi sesuai undang-undang yang berlaku. Bagi teman-teman yang berdomisili di Sulawesi Utara, inilah daftar kantor BPJS Kesehatan beserta alamatnya yang ada di sana.


KC MANADO
Jl. Tololiu Supit No. 11 Kel. Tingkulu, Manado 95119 (0431) 867214 (0431) 844685.


Kantor Unit KPP Cab. Manado
Komplek Ruko Marina Plaza M-Walk R12 Kota Manado.


KLOK Minahasa Utara
Jl. Arnold Mononutu Kel. Airmadidi Atas Lk. XVIII Kec. Airmadidi Kab. Minahasa Utara Kode Pos 95371 (0431) 893633.


KLOK Tomohon
Jl. Raya Kamasi, Kelurahan Kamasi, Kecamatan Tomohon Tengah, Kota Tomohon.


KLOK Kotamobagu
Jl. Gatot Subroto,Kelurahan Molinow, Kecamatan Kotamobagu Barat, Kota Kotamobagu.


KLOK Sitaro
Jl. Lokong Banua, Lingkungan II, Kel. Paniki, Kec. Siau Barat, Kab. Kepulauan Sitaro.


KLOK Talaud
Jl. Bui Batu Melonguane, Kompleks Perkantoran Pemda Kab. Kepl. Talaud 95885.


KLOK Sangihe
Jl. Malahasa, Kelurahan Soataloara 1 Kec. Tahuna Kab. Kepl. Sangihe.


KLOK TONDANO
Jl. Walanda Maramis No.9-10 Kendis Tondano Timur Minahasa (0431)322701 (0431)322646.


KLOK Bolaang Mongondow
Desa Motabang, Kecamatan Lolak, Kabupaten Bolaang Mongondow.


KLOK Minahasa Selatan
Kompl. Ruko B2, Jl. Trans Sulawesi Kelurahan Pondang, Kecamatan Amurang Timur, Minahasa Selatan.


KLOK Bitung
Ruko Royal Bitung Jl RE Martadinata No 04 Bitung.


Itulah tadi daftar alamat kantor cabang dan KLOK BPJS Kesehatan yang ada di seluruh wilayah provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Kantor-kantor tersebut masuk dalam regional X BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara, yang kantor utamanya berada di Jl. Tololiu Supit No. 11 Kelurahan Tingkulu, kota Manado, kode pos 95119, nomor telepon (0431) 863565, Faksimile (0431) 860796.

Posting Komentar untuk "Daftar Alamat Kantor BPJS Kesehatan di Sulawesi Utara"