Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alamat Kantor BPJS Kesehatan di Seluruh Provinsi Papua Barat

Kali ini kami sajikan informasi daftar kantor cabang (KC) dan Kantor Layanan Operasional Kabupaten (KLOK) BPJS Kesehatan yang ada di seluruh wilayah provinsi Papua Barat lengkap beserta alamatnya. Meliputi alamat kantor BPJS Kesehatan kota Sorong, Manokwari, kabupaten Raja Ampat, Sorong Selatan, Maybrat, Tembrauw, Fak-Fak, Teluk Bintuni, Kaimana dan Wondama. Sudah cukup banyak juga dan sudah hampir ada di setiap kabupaten dan kota, meskipun Papua Barat bisa dibilang masih provinsi baru.

Salah satu tujuan dibangunnya banyak kantor cabang hingga ke tingkat kabupaten tentu untuk suksesnya program JKN-KIS, yang mana menjadi peserta BPJS Kesehatan dan membayar iurannya adalah wajib hukumnya bagi seluruh rakyat Indonesia tanpa terkecuali, termasuk bahkan bagi rakyat miskin sekalipun. Tapi tidak perlu khawatir, untuk fakir miskin dan kurang mampu nantinya iurannya akan dibayarkan oleh pemerintah. Kategori ini dinamakan peserta PBI (Penerima Bantuan Iuran).

Jadi tidak ada alasan tidak ikut BPJS Kesehatan. Seseorang baru dinyatakan gugur dari kepesertaan BPJS Kesehatan hanya ketika sudah meninggal dunia atau pindah kewarganegaraan. Selama masih di Indonesia, siapapun dia wajib menjadi peserta, bahkan orang asing yang telah bekerja lebih dari enam bulan di Indonesia juga wajib.

Kantor cabang BPJS Kesehatan kota Sorong

Untuk yang statusnya bekerja di perusahaan, bukan cuma BPJS Ketenagakerjaan yang harus diikuti, BPJS Kesehatan juga wajib. Untuk karyawan keikutsertaan BPJS Kesehatan menjadi tanggung jawab perusahaan. Perusahaan yang mendaftarkan dan menanggung sebagian besar iuran bulanan para karyawannya.

Perusahaan-perusahaan yang tidak mengikutsertakan tenaga kerjanya pada program BPJS Kesehatan, maka akan mendapat sanksi berupa teguran tertulis, denda, dan tidak akan mendapat pelayanan publik tertentu yang meliputi:

  • Perizinan terkait usaha
  • Izin yang diperlukan dalam mengikuti tender proyek.
  • Izin memperkerjakan tenaga kerja asing.
  • Izin perusahaan penyedia jasa pekerja/buruh.
  • Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Berikut ini kami sajikan info lokasi seluruh kantor BPJS Kesehatan yang ada di Papua Barat. Barangkali ada sobat BPJSiana yang mau daftar menjadi peserta, cetak kartu, bayar iuran, perubahan data serta keperluan-keperluan lainnya terkait kepesertaan.


KC SORONG
Jl. Sungai Maruni KM10 Masuk, Samping Ruko Yupiter (0951) 329753 (0951) 327176.


KLOK Raja Ampat
Jl 30 Waisai, Kelurahan Waisai Kota Kab Raja Ampat.


KLOK Sorong Selatan
Jl Teminabuan - Ayamaru Kamp. Wetmit Kelurahan Kaibus.


KLOK Sorong
Jl Klamomo KM 19 Aimas (Depan SMP N 3).


KLOK Maybrat
Kumurkek - Maybrat.


KLOK Tambrauw
Jl. Tambaruw Werur Saussapor.


KC MANOKWARI
Jl. Irian-Kampung Ambon Kel. Manokwari Timur, Kab. Manokwari, Papua Barat (0986) 211416 (0986) 211416.


KLOK Fak-Fak
Jl Jendral Sudirman Kompleks RSUD FakFak.


KLOK Wondama
Jl Raya Wasior miey Kelurahan Maniwak Wasior.


KLOK Tel. Bintuni
Jl H Siregar Tahiti.


KLOK Kaimana
Jln Batu Putih Krooy Kilo Meter 2 RSUD Kaimana.

Demikianlah daftar Kantor-kantor Cabang BPJS Kesehatan yang tersebar di seluruh wilayah provinsi Papua Barat. Kantor-kantor tersebut berada di regional XII Kedeputian Wilayah Papua dan Papua Barat, yang kantor pusatnya berada di Jl. Raya Kotaraja No. 46 PO BOX 152 Abepura, kota Jayapura, kode pos 99225, telepon (0967) 581638 (0967) 581639.

Jika sobat BPJSiana ingin datang, silahkan datang pada jam operasional kantor BPJS Kesehatan yaitu dari hari Senin sampai dengan hari Jumat, buka mulai jam 08.00 pagi sampai dengan jam 05.00 sore. Salam sehat!

Posting Komentar untuk "Alamat Kantor BPJS Kesehatan di Seluruh Provinsi Papua Barat"